Minggu, 06 November 2011

Yang menentukan apakah suatu website tersebut bagus apa tidak adalah jumlah pengunjung web nya. Dalam hal ini kita tidak akan membahas mengenai website-website yang asal-asalan dibuat dengan berbagai kata kunci didalam nya sementara pengunjung tidak akan mendapatkan informasi dari keyword yang mereka "search". Kita hanya akan membahas konsep design website yang dibuat untuk menarik perhatian pengunjung berdasarkan kelayakan informasi di dalamnya serta design yang menarik perhatian pengunjung.

Jadi bagaimana caranya seorang web designer dapat menarik perhatian pengunjung? Jawabannya adalah Design yang “Pantas“. Karena kesan pada detik-detik pertama haruslah benar-benar "menggoda".

Design yang “Pantas” berarti :
  1. Koordinasi warna yang baik
  2. tata letak ( lay-out ) yang bagus,
  3. dan yang paling penting, download yang cepat.
Memang kita tinggal di Indonesia yang infrastruktur komunikasinya sangat terbatas, sampai sampai ada daerah yang line-telp-nya tidak bisa mengangkat modem, sehingga kalau bisa sekecil mungkin semakin bagus.

Tapi untuk negara maju seperti Amerika, dimana DSL dan Cable modem bukanlah hal yang aneh lagi, net-lag bukanlah tidak ada. Jadi sebuah halaman web dengan kode yang bersih dan ukuran yang sangat optimize adalah masih mutlak.

Dasar dari design yang “pantas” , adalah dengan membuat tata-letak dengan warna, bentuk, dan typografi yang saling mendukung. Kombinasi dari ke 3 elemen tersebut bisa membentuk sebuah desain yang mewakili isi-nya, dan sesuai dengan target audience yang dituju.

Disadari atau tidak, seorang pengunjung akan merespon apa yang dia lihat (di tampilan monitornya) pada level psikologis. Seorang desainer-grafis yang baik, haruslah bisa membuat dan meletakkan elemen elemen untuk menggoda, menyenangkan dan memuaskan para pengunjung. Dan tujuannnya tidak akan berhenti saja pada si pengunjung, tapi seorang pengunjung yang senang, kemungkinan besar, akan merespon terhadap ada yang menjadi tujuan dari situs anda.

Tujuan yang mungkin hanya untuk informasi, atau untuk hiburan, atau mungkin untuk menjual barang dan jasa.

Cara yang paling baik untuk menarik perhatian seorang pengunjung adalah dengan penggunaan warna sebagai medium penerangan untuk situs dan informasi maupun produk yang dimilikinya.

Bentuk, sesuatu hal yang sering dilupakan, adalah juga sebuah element design yang cukup kuat untuk membentuk sebuah citra, dan mengekspresikan sebuah informasi. Typografi (seni pengunaan jenis huruf) pada saat ini memiliki implementasi terbatas dalam design web, tetapi adalah elemen yang sangat penting dalam komunikasi dengan para pengunjung.

Warna

Pemilihan Warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text dan image) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs itu.

Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda. Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang2 dengan warna menyolok).

Bentuk

Bentuk juga bisa digunakan untuk menarik respon dari pengunjung. Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi mengmotivasi pengunjung, menginspirasi pengunjung dan memberikan tantangan kepada pengunjung, kadang tanpa si pengunjung menyadari kenapa bisa termotivasi,dsb

Bentuk, biasanya bisa digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah Lingkaran dan sebuah SegiTiga, akan menghasilkan kesan energetik, dan dinamik. Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman.

Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuk telah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangungan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan
Typografi

Typografi adalah sebuah seni. Dan adalah sebuah seni yang cukup rumit, apalagi kerumitannya ditambah dengan medium design web yang terbatas. Huruf di Web dapat dibuat sebagai bagian dari grafik (image), atau dengan cara HTML, atau dengan Style Sheets.

Dengan cara HTML dan StyleSheet, kadang akan didapakan hasil yang kurang memuaskan atau kurang bagus karena TypeFace (Bentuk Huruf) yang kita gunakan, mungkin tidak akan tersedia di komputer si pengunjung. Jika komputer si pengunjung tidak mempunya Bentuk Huruf yang telah di-set oleh designer web, maka yang akan digunakan adalah tampilan menggunakan Bentuk Huruf alternatif atau Bentuk Huruf standard (default).

Designer dapat menentukan pilihan tentang huruf yang mereka buat secara Grafik (image), dan juga TypeFace umum yang dipakai pada isi text. Begitu banyak bentuk huruf, sampai susah untuk mengatakan berapa banyak bentuk huruf yang ada di dunia ini.

Sehingga agak susah untuk menentukan efek/pengaruh apa yang bisa ditimbulkan kepada pengunjung. Akan tetapi, huruf dibagi dalam beberapa kategori umum, dan biasanya kategori umum ini memiliki gaya tersendiri.

Biasanya, designer akan menggunakan beberapa macam style hurup dalam sebuah halaman. Judul dan Point Penting biasanya menggunakan jenis Decoratif dan Scrip, dan isi text hampir selalu harus menggunakan jenis Serif atau San-Serif (atau kadang menggunakan Monospace).

Untuk mempengaruhi pengunjung secara psikologi, bisa dengan penggunaan Jenis Huruf yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penggunaan Warna dan Bentuk.
(Sumber : otakkacau.net)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Followers

- Copyright ©2008Pelajar Goblok -Robotic Notes- Powered by Blogger - Edited by M Nanda Perdana -